IMG_8583
Lokasi: Pantai Oi Fanda

Jauh-jauh sebelum hari keberangkatan, aku banyak mendengar cerita dunia percintaan saat KKN. Beberapa diantaranya aku dengar dari teman-temanku sendiri. Beberapa yang lain aku dengar dari kakak-kakak tingkatku. Beberapa sisanya lagi aku dengar dari dosen-dosenku. Dosen-dosenku bilang, gak sedikit teman-temannya yang pada akhirnya menikah dengan jodoh yang mereka temukan saat KKN. Idiiihhh (di tulisanku berikutnya, aku akan ceritakan apa arti kata idih),, asik sekali ya! Dari semua narasumber tersebut ku simpulkan bahwa KKN akan membawa dunia percintaanmu ke dalam empat kategori berikut:

  • Pertama, buat yang masih jomblo (kalau gak mau disebut jomblo ya diganti single), statusmu bisa berubah menjadi in relationship berkat petemuan dengan jodohmu saat KKN. Ada dua kemungkinan yang terjadi dalam hubungan ini, hubungan tetap lanjut hingga KKN berakhir atau hubungan akan berakhir saat KKN berakhir  alias sebatas cinta lokasi.
  • Kedua, buat yang udah punya pacar, statusmu bisa berubah jadi jomblo atau single karena sebab-sebab tertentu. Bisa karena gak betah LDR, bisa karena pasanganmu punya pasangan lagi waktu kamu tinggal, atau bisa juga karena alasan klasik yaa udah gak cocok aja kali. Dan pahitnya lagi, kamu gak nemu jodoh yang baru selama KKN alias tetap menjomblo hingga KKN berakhir. Hiks hiks 😦
  • Ketiga, buat yang udah punya pacar, kamu bisa jadi punya pacar double. Artinya, kamu tetap menjalani hubungan seperti biasa dengan pacar lamamu. Tapi kamu juga menjalani hubungan yang gak biasa dengan pacar barumu yang kamu dapat saat KKN. Intinya sih, main serong :p.
  • Keempat (lanjutan penjelasan dari kategori ketiga), kamu akan mengakhiri hubungan dengan pacar barumu dan kembali pada pacar lamamu saat KKN berakhir. Atau justru sebaliknya. Kamu memilih mengakhiri hubungan dengan pacar lamamu dan melanjutkan hubungan gelap dengan pacar barumu ke jenjang hubungan terang-terangan alias kamu ganti pacar saat KKN berakhir.
  • Kelima, buat yang udah punya pacar. kamu tetap setia sama pacarmu. Setiap hari gak pernah absen telfon atau video call. Sering banget menyendiri di kamar biar pacaran jarak jauhmu gak terganggu. Aku suka gak paham deh sama yang jenis ini. Idih!
  • Keenam, buat yang masih jomblo, kehdiupan percintaanmu datar-datar aja di KKN. Gada ada yang gebetin kamu, gak ada yang kamu gebetin, dan sampai KKN kelar kamu tetap jomblo. Ini kayaknya yang paling banyak terjadi pada teman-teman deh, hehehe.

Well, dari semua itu ternyata aku masuk ke kategori yang kedua. Hubunganku sama kesayangan kandas di tengah-tengah aku menjalankan tugas mulia bernama KKN ini. Bukan karena kita gak betah LDR, bukan juga karena kita saling main serong. Ada sebab-sebab yang gak bisa aku ceritakan panjang lebar di sini. Intinya sih, pake alasan klasik boleh kan? Kita udah gak cocok aja kali ya, hehehehe. Lebih menyedihkannya lagi, aku tetep menjomblo hingga KKN berakhir. Idiiihhh, sedih doank kok, gak pake ngenes.

Bagiku, mengakhiri hubungan ketika raga terpisahkan jarak itu gampang-gampang susah. Ada segumpal perasaan yang mengganjal karena aku gak bisa ngomong langsung, gak bisa melihat jawaban terjujur lewat matanya, dan gak bisa-gak bisa yang lain karena kita hanya mengandalkan HP. Secanggih-canggihnya HP, dia uma seonggok mesin yang gak mampu menyampaikan segala resah yang harusnya tercurah. Sempat rasanya aku pingin banget pulang waktu itu. But KKN must go on.

Satu-satunya hal yang memudahkan aku dari kejadian ini adalah bahwa aku tidak terlalu merasakan kesedihan yang berarti. Sebab aku disibukkan dengan berjibun program dan tentunya aku berada diantara teman-teman yang tak hanya tinggal diam ketika tahu aku sedikit terkoyak. Aku ingat sekali, ketika lewat tengah malam (ku kira saat itu pukul 00:30 WITA) mereka menemaniku pergi ke dermaga. Diantara merdunya suara ombak, mereka membiarkanku terdiam. Dibawah gemerlap bintang, mereka membiarkanku berbaring beruling. Disela-sela sepoi angin, mereka membiarkanku berteriak sekencang mungkin. Membebaskan aku dari segala yang memberatkan. Mereka selalu punya banyak cara untuk membuatku tetap tegak beridiri.

IMG_8493
Lokasi: Pantai Oi Fanda

Oh iya, ada hal lain yang harus aku ceritakan di sini. Kalian harus tahu, bahwa cerita tentang kandasnya hubunganku ini membawaku pada cerita lain yang gak  kalah seru. Hei, kalian harus tahu bahwa saat KKN cinta lokasi masih bisa dibagi lagi ke dalam dua kategori.

  • Pertama, cinta lokasi dengan sesama anggota KKN
  • Kedua, cinta lokasi dengan akamsi. Apa tuh akamsi? Akamsi itu sebutan bagi warga asli daerah. Semisal nih, kalian KKN di lombok. Nah, warga lombok itu disebut akamsi.

Kembali lagi dengan ceritaku tadi, berita tentang kejombolanku tak hanya diketahui teman-teman anggota KKN, melainkan juga akamsi-akamsi karena memang kami cukup dekat dengan mereka. Berharapnya sih, aku dapet cinlok sama sesama anggota KKN. Tapi apa daya ketika harapan jauh dari kenyataan. Dunia percintaanku malah full diramaikan oleh akamsi-akamsi. Maunnya sih akamsi yang itu. Lagi-lagi meleset dan malah jauh dari harapan, hiks. Eits, aku sih gak cinlok. Mereka doank yang cinlok. Awalnya sempet ngrasa serem sih pas aku tahu mereka gak biasa aja.

Lha, setelah ku pikir-pikir buat apa juga ngrasa serem, nikmati aja biar seru. Biar ada kenangan-kenangan yang lain daripada yang lain. Lumayan bangetlah, ada yang memperlakukan aku sedemikan spesialnya sehingga apa yang aku mau selalu aku dapet pas KKN wkwkwk. Segitu gedhenya perhatian dan kepedulian mereka sampai-sampai aku lupa akan kejadian kejombloanku,hihihi.  Ini bukan licik atau jahat, tapi sungguhan deh, aku merasa asik aja!

Well well, bicara soal cinlokan sama akamsi, gak hanya aku aja yang punya ceritanya. Konon katanya, teman KKNku, yang kebetulan deket ama aku, juga mengalami hal yang sama. Mereka sering bersama, mereka selalu bertemu, mereka suka berdua, dan akhirnya mereka terjebak dalam nada-nada rasa yang tidak biasa. Terjebaknya pun berlanjut lho. Ketika kita udah kelar KKN, rasa-rasa yang sudah ada masih menancap hebat. Jatuhnya ya, baper-baperaan gitu. Gak ada kata lain selain rindu dan kangen. Asli deh, suer! Sampai sekarang aja aku suka geli, Ada yang baper dan ada yang di baperin. Aya-aya wae!

Pokoknya, semua yang aku ceritakan tadi itu adalah gambaran dari what we talk about, when we talk about love edisi KKN. Asik tho? Seru tho? Enak tho?

Advertisements