Hallo semua, apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia ya!

LOgo 2
Logo KKN PPM UGM NTB-06 Desa Kolo, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

Perkenalkan, kami adalah tim Jelajah Kolo. Apa itu Jelajah Kolo? Jelajah Kolo adalah kelompok KKN PPM UGM NTB-06 Desa Kolo, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

Wah, jauh ya, disebelah mananya Indonesia tuh Kolo? Memangnya kenapa kok Desa Kolo di KKN-in? Ada apa saja di sana?

Berikut, akan kami berikan perkenalan singkat tentang daerah Kolo.

Secara geografis kawasan Kolo merupakan daerah pantai dan pesisir yang terletak di bagian utara Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kawasan ini memiliki potensi kelautan, pertanian, perikanan, serta wisata. Akan tetapi, berbagai potensi tersebut belum dikembangkan secara optimal. Sejauh ini pengembangan desa Kolo berorientasi pada sektor perikanan, hal tersebut
tampak dari jenis usaha yang ditekuni seperti tambak udang dan ikan serta penangkapan. Di sisi lain, masyarakat desa Kolo juga menghadapi beberapa permasalahan, diantaranya meliputi kurang optimalnya pengembangan potensi bahari kawasan pesisir, pertanian pesisir, rendahnya tingkat kesehatan masyarakat, serta permasalahan kondisi lingkungan yang gersang dan tandus. Oleh karena itu, perlu adanya pengelolaan potensi sumber daya alam di desa Kolo agar
pemanfaatan antar sektor dapat berjalan sinergis serta dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Berikut kami sertakan Proposal Mitra KKN UGM untuk rekan-rekan yang ingin mengat lebih dalam tentang Kolo dan program-program KKN kami.

1434419062974

Kali ini kami ingin mengundang rekan-rekan sekalian untuk bergabung dalam gerakan Saling Berbagi Bersama Jelajah Kolo. Melalui gerakan ini, rekan-rekan dapat berbagi paket kebahagiaan dengan memberikan donasi yang tertera. Terdapat tiga paket kebahagiaan, yaitu tawa (berupa uang tunai), senyum (berupa buku bacaan, alat tulis, iqra’, dan sejenisnya,) serta canda (berupa mainan anak dan alat musik). 100% donasi  yang terkumpul akan digunakan untuk pemberdayaan dan pembangunan di pesisir Kolo. Tidak perlu khawatir, pengumpulan donasi ini dilakukan secara transparan kok. Rekan-rekan bisa memantau akun instagram @jelajahkolo.

Oh gitu, memang apa untungnya kalau ikut gerakan berbagi bersama Jelajah Kolo?

Dengan terlibat dalam gerakan ini, rekan-rekan berarti telah berpatisipasi dalam pemberdayaan masyarakat Kolo. Meski berada di wilayah pesisir, Kolo memiliki sumber daya yang potensial untuk digali lebih dalam. Belum lagi, daerah wisata yang cukup banyak tetapi tidak banyak orang yang mengetahui. Pada intinya, masyarakat Kolo sendiri belum menyadari akan keberadaan potensi di wilayahnya sendiri. Kebayangkan gimana seandainya potensi-potensi tersebut berhasil diberdayakan? Melalui Kolo, rekan-rekan turut berkontribusi bagi Indonesia yang lebih baik. Begitu, paham kan?

PETA DESIGN (23FIXXX cetak!) - Copy
Meskipun kecil, Kolo memiliki sejuta pesona pariwisata

Yuk, jangan ragu ikut serta dalam gerakan kami. Tunggu apalagi? Sedikit berbagi, untuk  berlipat kebaikan! Kita sambut bulan suci Ramadhan ini untuk berbagi kebahagiaan.

Siap lah! Kalau gitu, aku mau ikut serta berbagi bersama jelajah kolo, ah!

Mantab!

Jika rekan-rekan ingin tahu lebih banyak tentang Berbagi Bersama Jelajah Kolo, silakan hubungi CP yang tertera.

Didian (085743735579)
Aldrin (087787033336)

Salam berbagi!

Advertisements